LightBlog

Suatu ilmu yang sudah berkembang dan mengeluarkan banyak hasil, model, dan teori yang semakin meningkat jumlahnya seperti ilmu lingkungan...

Asas Dasar Ilmu Lingkungan (Bagian 1)


Suatu ilmu yang sudah berkembang dan mengeluarkan banyak hasil, model, dan teori yang semakin meningkat jumlahnya seperti ilmu lingkungan ini harus didasari oleh asas yang kokoh dan kuat. Cara penyajian asas dasar ini dilakukan dengan mengemukakan kerangka teorinya terlebih dahulu.

Setelah pola dan organisasi pemikirannya dapat dipahami, baru dikemukakan bahan yang berupa fakta yang menyokong dan disokongnya. Semua asas dasar yang dikemukakan di sini, sebetulnya merupakan satu kesatuan.

Meski pun di sini dibahas satu persatu menurut urutan logikanya, namun hubungan antara satu asas dasar dengan yang lain digambarkan dalam sebuah kerangka untuk memperoleh gambaran yang jelas.

Patut diingat, bahwa asas dasar di sini adalah hasil kerja sistem deduksi dan induksi; oleh karena itu pnyajiannya memungkinkan seseorang bertindak secara demikian pula.Jadi, dengan kata lain, asas dasar yang dikemukakan kemudian di sini adalah hasil deduksi asas dasar sebelumnya, yang selanjutnya dapat digunakan untuk mengolah data secara induksi.

Tiap asas dasar yang dikemukakan akan diberi nomor, untuk memudahkan mengingat kembali atau menghubungkannya dengan asas dasar lain.

Implikasi asas dasar yang sesuai dengan gejala yang menyangkut diri manusia di dalam zaman ilmu teknologi, tetapi sering dilalaikan, akan dikemukakan pula.

ASAS 1
Semua energi yang memasuki ...

(Bersambung ke bagian 2)

Sumber : Ilmu Lingkungan, R. E. Soeriaatmadja

Ingin mengikuti Training ISO 14001 dan training lainnya? silahkan kunjungi www.multikompetensi.com
Halaman Training ISO 14001:2015 : Training ISO 14001
Halaman Training ISO 9001:2015 : Training ISO 9001:2015

0 comments: