LightBlog

Bermacam ragam gejala di dalam ilmu lingkungan mudah dipahami dengan meresapkan berbagai asas yang terbatas saja jumlahnya. Yang d...

Metodologi (Bagian 1)



Bermacam ragam gejala di dalam ilmu lingkungan mudah dipahami dengan meresapkan berbagai asas yang terbatas saja jumlahnya.

Yang dimaksud dengan asas di sini ialah penyamarataan kesimpulan secara umum, yang kemudian digunakan sebagai landasan untuk menguraikan gejala (fenomena), dan situasi yang lebih spesifik. Asas dapat lahir dengan cara penggunaan metodologi yang telah diuji secara matang, dan diakui kebenarannya oleh para ilmiawan secara kokoh dan meluas. Tetapi dapat juga asas itu hanya merupakan penyamarataan kesimpulan secara empiris saja, yang hanya benar untuk situasi keadaan yang lebih terbatas sifatnya, dan diakui kebenarannya hanya oleh segolongan kaum ilmiawan saja. Oleh karena itu, tidak jarang asas itu masih merupakan bahan pertentangan. Sebaliknya, asas yang sudah jenuh oleh ujian dan dapat terus dipertahankan kebenarannya, lama kelamaan dapat diubah statusnya menjadi hukum. Asas yang mentah dan masih merupakan dugaan ilmiah seorang peneliti, biasa disebut juga hipotesis. Hipotesis masih harus diuji lagi, untuk memperoleh kesimpulan adanya kebenaran yang dapat diterapkan secara umum, lalu menjadi asas.

Beberapa asas yang dikemukakan di sini mungkin dapat terus bertahan, bahkan dikokohkan menjadi hukum. Sebaliknya, beberapa asas lain mungkin tak berlaku lagi di masa yang akan datang dan tersimpan hanya sebagai kesan sejarah perkembangan ilmu. Hal serupa ini tak perlu terlampau dirisaukan, sebab ilmu pengetahuan berkembang secara dinamis dan merupakan suatu ekspresi perkembangan budaya dan jalan pikiran manusia dalam perjalanan evolusinya.

Yang jelas, masih banyak sekali penemuan ilmiah yang belum tergali di muka bumi ini. Pengetahuan manusia betapapun di rasa sudah jauh berkembang, tetapi masih banyak asas ilmiah yang belum diketahui. Untuk menggalinya masih tetap merupakan tantangan yang memerlukan inisiatif, daya cipta, daya khayal, dan keingintahuan manusia.

Lanjut ke Bagian 2

Sumber : Ilmu Lingkungan, R. E. Soeriaatmadja

Ingin mengikuti Training ISO 14001 dan training lainnya? silahkan kunjungi www.multikompetensi.com
Halaman Training ISO 14001:2015 : Training ISO 14001
Halaman Training ISO 9001:2015 : Training ISO 9001:2015


0 comments: